Kapolres Bener Meriah Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Pemenang Kuda Juara Pada Perlombaan Pacuan Kuda TA.2019

Kapolres Bener Meriah Menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Pemenang Kuda Juara Pada Perlombaan Pacuan Kuda TA.2019

- in Humas
375
0

Tribratanewspolres Bener Meriah: bertempat dilapanagan pacuan kuda Kp.karang rejo Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli,SH.,SIK.,M.Si di dampingi oleh Kadis Pariwisata bener meriah, pada penutupan event pacuan kudan tradisional gayo dalam rangka memeriahkan Hut Bener Meriah ke-15 TA.2019, berkesempatan meneyerahkan piagam penghargaan kepada pemang kuda juara, giat tersebut dilaksanakan pada sabtu sore sekira pkl.17.00 Wib.senin”(14/01/2019)

acara tersebut dihadiri oleh Plt Bupati Bener Meriah Tgk.H.Syarkawi, sekda Bener Meriah Drs Ismarisiska, MM, Kapolres Bener Meriah a.n.AKBP Fahmi Irwan Ramli, SH, S.I.K, M.Si, mewakili Dandim 0106/Ateng-BM, Pabung Kodim 0106/Ateng-BM Mayor Kav.Ridwan Sulaiman, Danyonif 114/SM Letkol Inf Valyan Tatyunis, Staf Khusus Presiden RI Sunarto, Aisisten 1 (Satu) bidang tata pemerintahan Provinsi Aceh Dr.M.Zafar, SH, M.Hum, erwakilan Dari Kementrian Pariwisata RI Santoso, Kajari Bener Meriah Rahmat Azhar, SH, MH, Ketua MPU Bener Meriah, Kabag Ops, Anggota DPRK Bener Meriah, para Asisten Setdakab Bener Meriah, para Kabag Setdakab Bener Meriah, para Kepala SKPK Kab.Bener Meriah, para Kabag, Kasat, Kasi dan Perwira Polres Bener Meriah, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muyang Kute, para Camat Se Kab.Bener Meriah, Kepala Bank Aceh Cabang Bener Meriah Fajar Rajasyah, Mantan PLT Bupati Bener Meriah. Drs Hasanudin Darjo, MM, Mantan Wakil Bupati Bener Meriah a.n. T. Islah, serta para tamu undangan.

sebelum dimulai acara penutupan terlebih dahulu mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan oleh Tgk Nazarudin dilanjutkan Syalawat Badar.

laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bener Meriah Drs Haili Yoga menyampaikan Dasar kegiatan dalam pelaksanaan event pacuan kuda berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bener Meriah nomor: 426.3/568/SK/2018 tanggal 05 desember 2018 tentang pembentukan Panitia Pelaksana peringatan Hari Ulang Tahun Kab. Bener Meriah ke – 15 Tahun 2019.
– Surat Keputusan Bupati Bener Meriah; nomor 426.1/580/SK/2018 tanggal 31 desember 2018 tentang pembentukan Panitia Pelaksana Pacuan Kuda dalam rang memperibgati HUT Kab. Bener Meriah ke-15 Tahun 2019, sumber Dana pada kegiatan Pacuan Kuda di bebankan pada DPA – SKPD Dinas Pariwisata Kab. Bener Meriah Tahun 2019, pelaksana Kegiatan pacuan kuda tahin ini diikuti oleh peserta dari 3 Kabupaten yaitu 141 ekor Kuda dari Kab. Bener Meriah, 138 ekor kuda dari Kab. Aceh Tengah dan 69 ekor Kuda dari Kab. Gayo Lues, total keseluruhan kuda yang beetanding sebanyak 348 ekor kuda.

sambutan Plt Bupati Bener Meriah Tgk. H. Syarqawi  pacuan Kuda merupakan tradisi budaya Gayo sekaligus hiburan rakyat dan sebagai wadah silaturahmi masyarakat kegiatan event ini diikuti oleh 3 (tiga) Kabupaten bersaudara, pelaksanaan pacuan kuda ini menghindari pelanggaran Syariat Islam dan sampai saat ini belum ada laporan pelanggaran dalam event Pacuan Kuda, keterlibatan semua pihak
– Seluruh peserta agar menjaga sportipitas ajang dalam pelaksanaan event pacuan kuda tradisional di Kab. Bener Meriah.

Arahan dan bimbingan Plt Gubernur Aceh yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Provinsi Aceh sekaligus penutupan Event Pacuan Kuda, lomba pacuan kuda ini bukanlah sekedar memacu kuda sekencang mungkin untuk mendapat gelar sebagai yang terbaik namun sesungguhnya ada nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya seperti gerak cepat dalam setiap aktivitas, jujur dan sportif dalam berperilaku, kerja keras, kebersamaan, saling menghargai dan memperkuat persaudaraan.
– Nilai-nilsi itulah yang diharapkan dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung suksesnya pembangunan di Kab. Bener Meriah, kita semua harus menjaga tradisi pacuan kuda ini jangan sampai dirusak oleh hal-hal yang bertentangan dengan Syariat, untuk itu saya mengajak semua untuk bersama-sama mempopulerkan tradisional pacuan kuda.

Adapun jumlah kuda yang masuk babak Final sebanyak 48 ekor kuda diantaranya, Kelas F Muda = 4 ekor (satu putaran), Kelas F Tua = 4 ekor (dua putaran), Kelas E Muda = 4 ekor (satu putaran),  Kelas E Tua = 4 ekor (dua putaran), Kelas D Muda = 4 ekor (satu putatan), Kelas D Tua = 4 ekor (dua putaran), Kelas C Muda = 4 ekor (satu putaran), Kelas C Tua = 4 ekor (dua putaran), Kelas B Muda = 4 ekor (satu putaran), Kelas B Tua = 4 ekor (dua putaran), Kelas A Muda = 4 ekor (satu putaran), Kelas A Tua = 4 ekor (dua putaran)

Dari hasil perlombaan pada babak Final untuk juara umum di menangkan dari Kabupaten Aceh Tengah dengan perolehan Medali Kab. Bener Meriah meraih 4 medali emas, Kab. Aceh Tengah meraih 6 Medali Emas,  Kab. Gayo Lues Meraih 2 Medali Emas.(humas BM/gun’s)”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Giat Karya Bakti Dalam Rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 KODIM 0106 Aceh Tengah-Bener Meriah

Tribratanews Polres Bener Meriah: Pada hari Jumat tanggal