Kapolres Bener Meriah Pimpin Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Kapolres Bener Meriah Pimpin Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

- in Humas
108
0

Tribratanewspolres Bener Meriah: Kapolres Bener Meriah AKBP Fahmi Irwan Ramli, S.H., S.I.K., M.Si pagi ini menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional yang ke 111 di halaman mako polres Bener Meriah, kemudian selaku komandan upacara di pimpin oleh Ipda Dasril, upacara dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Mei 2019 sekira pukul 08.30 wib. Senin (20/05/2019)

Kegiatan Upacara Hari Kebangkitan Nasional Di hadiri Oleh Waka Polres Bener Meiah, Para Kabag, para Kasat, Kasi, kasubbag, Perwira dan seluruh personil polres Bener Meriah.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke – 111 20 Mei 2019 yang dibacakan oleh Kapolres Bener Meriah yang intinya sebagai berikut :
– Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Saudari-saudara seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke dari Miangas sampai Pulau Rote yang saya hormati, dalam naskah sumpah palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah : “Lamun humus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, tanjung pura, ring haru, ring pahang, dompo, ring bali, sunda, palembang, tumasik, samana isun amukti palapa.
– Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa” namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang mahapatih Gajah Mada artinya ia tak akan menghentikan masti raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara.
– Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa tersebut, kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.
– Telah lebih satu abad kita menoreh catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo, dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem didunia.
– Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu” kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
– Bangsa ini adalah bangsa yang besar, yang telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad, kuncinya ada dalam dwilingga salin suara berikut ini : Gotong royong.
– Bukan hanya ditanah jawa, semangat persatuan dan gotong royong telah mengakar dan menyebar diseluruh Nusantara.
– Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang kesertaus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.(humas BM/ulf39)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Waka Polsek Bukit Menghadiri Pelantikan Dan Pengukuhan Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia 0121 ZWJ Kab Bener Meriah Periode 2019-2023

Tribratanews Polres Bener Meriah: Pada hari selasa tanggal 17