Kapolres Bener Meriah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rencong 2019

Kapolres Bener Meriah Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rencong 2019

- in Lantas
42
0

Tribratanewspolres Bener Meriah: bertempat di lapangan Apel mako polres bener meriah, telah dilaksanakan giat Apel gelar pasukan Operasi Zebra Rencong 2019 dengan tema “Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Guna Mewujudkan Kamseltibcarlantas”, Apel gelar pasukan dipimpin oleh Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo Adi Wijaya,SIK dan selaku komandan upacara Ipda Zahrul, apel gelar pasukan dilaksnakan sekira pkl.08.30 Wib.rabu”(23/10/2019)

apel gelar pasukan Operasi Zebra Rencong 2019 di hadiri oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Dandim 0106/AT-BM yang diwakili oleh Pabung Kodim 0106/Ateng-BM Mayor Kav Ridwan Sulaiman, Danyon Raider Khusus 114/SM Letkol Inf Valyan Tatyunis, Wadanki Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Bener Meriah Ipda Abdi Rama Surya, Kajari Simpang Tiga Redelong Kab. Bener Meriah yang diwakili oleh Kasi Pidum Kardono, S.H, Ketua Pengadilan Negeri Simpang Tiga Redelong Kab. Bener Meriah Mahendrasmara Purnamajati, S.H., M.H, Kadis Perhubungan Pemkab. Bener Meriah Drs. Abdul Gani, Kasat Pol PP dan WH Pemkab. Bener Meriah Drs. M. Nasir, Kepala Badan Kesbangpol Pemkab. Bener Meriah Khairul Bardi, SP, Para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek dan Perwira jajaran Polres Bener Meriah, dan peserta 1 (Satu) SST Prajurit Subdenpom Persiapan Bener Meriah, 1 (Satu) SST Prajurit TNI-AD Yonif RK 114/SM, 1 (Satu) SST Prajurit TNI-AD Kodim 0106/AT-BM, 1 (Satu) SST Personil Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Bener Meriah, 1 (Satu) SST Personil Sat Sabhara Polres Bener Meriah, 1 (Satu) SST Personil Staf Gabungan Polres Bener Meriah, 1 (Satu) SST Personil Bhabinkamtibmas Polres Bener Meriah, 1 (Satu) SST Personil Sat Lantas Polres Bener Meriah, 1 (Satu) SST Personil Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sat Resnarkoba Polres Bener Meriah, 1 (Satu) SST ASN Dinas Perhubungan Pemkab. Bener Meriah, 1 (Satu) SST ASN Satpol PP dan WH Pemkab. Bener Meriah, 1 (Satu) SST Anggota Senkom Kab. Bener Meriah.

rangkaian giatan di sis dengan laporan komandan upacara sekaligus melakukan pengecekan pasukan oleh Kapolres, selanjutnya penyematan pita operasi kepada 3 personil yang di tunjuk dari masing masing intansi terkait.

selanjutnya Apel Gelar Pasukan tersebut Kapolres Bener Meriah membacakan amanat Kapolda Aceh yang mana marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini untuk melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka “OPERASI ZEBRA RENCONG TAHUN 2019” dalam keadaan sehat wal’afiat.

shalawat beriring salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat beliau yang telah menuntun kita kepada jalan keselamatan dunia dan akhirat, semoga kita yang hadir di sini senantiasa memperoleh barokah dan syafaatnya di yaumil akhir nanti.
– Hadirin dan peserta Apel Gelar Pasukan yang berbahagia, Perlu kita ketahui bersama, berdasarkan data analisa dan evaluasi jumlah kecelakaan Lalu Lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra Rencong selama dua tahun terakhir dapat diketahui, tahun 2017 terdapat 37 kejadian dan tahun 2018 juga terjadi 37 kejadian dengan jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2017 sebanyak 24 orang dan tahun 2018 turun menjadi 15 orang. Sedangkan pelanggaran lalu lintas pada tahun 2017 terjadi 11.925 pelanggaran dan tahun 2018 meningkat menjadi 12.759 pelanggaran.

data tersebut menunjukkan angka fatalitas korban meninggal dunia mengalami penurunan, akan tetapi angka kecelakaan masih tetap relatif tinggi. Hal ini merupakan tanggung jawab kita semua khususnya Polri yang mengemban fungsi Lalu Lintas beserta pemangku kepentingan lainnya.
– Keselamatan dalam berlalu lintas menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam pengembangan transportasi negeri kita saat ini, melalui amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta resolusi PBB tentang decade of action dan dijabarkan melalui Keppres nomor 4 tahun 2011 tentang Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas (RUNK) serta Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, merupakan langkah-langkah pemerintah sebagai wujud kepedulian negara untuk:
1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas;
2. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas;
3. Membangun budaya tertib berlalu lintas;
4. Meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Keempat point diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh suatu institusi saja, melainkan harus adanya sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan menentukan solusi penyelesaiannya secara tuntas dan menyeluruh.

para undangan dan hadirin sekalian yang saya hormati, guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang lebih baik, menyongsong penghujung tahun 2019, Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui fungsi Lalu Lintas, yang didukung oleh satuan fungsi lainnya dengan melibatkan para pemangku kepentingan, akan menggelar Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “ZEBRA RENCONG 2019”, yang akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 23 Oktober s.d. 05 November 2019 yang akan datang. Operasi Zebra ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcar lantas, dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum lalu lintas secara selektif prioritas dengan target operasi yang telah ditentukan yaitu orang, barang/benda, lokasi/tempat dan kegiatan berlalu lintas lainnya guna menciptakan kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman sehingga angka kecelakaan dan fatalitas korban dapat diminimalisir.

pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas nantinya, yaitu:
1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan utama dan media kontrol pribadi dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari;
2. Jaga keselamatan anda dalam bertugas dan siapkan serta pelihara kondisi fisik dan mental saudara untuk dapat melaksanakan operasi kepolisian dengan sebaik-baiknya;
3. Bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas;
4. Siapkan peralatan, sarana dan prasarana untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas operasi;
5. Lakukan komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerjasama yang sinergis serta harmonis dengan seluruh instansi terkait dan segenap elemen masyarakat dalam rangka keberhasilan operasi ini;
6. Hindari segala tindakan yang dapat mencoreng nama baik institusi.
– Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Apel Gelar Pasukan “OPERASI ZEBRA RENCONG 2019”. Semoga pengabdian yang telah diberikan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah dihadapan Allah SWT.
– Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT, senantiasa memberikan petunjuk dan lindunganNya kepada kita sekalian serta meridhoi setiap upaya yang kita laksanakan dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.(humas BM/gun’s)”

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Pelaksanaan Operasi Zebra Rencong 2019, Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Di Depan Mako Polres Bener Meriah

Tribratanews Polres Bener Meriah:  Sat Lantas Polres Bener Meriah